-->

Tata Cara Shalat Yang Benar Serta Bacaan Lengkap

Pada halaman ini saya buat untuk antum yang ingin mempelajari sholat fardhu dengan meyakini dimana sholat merupakan suatu ibadah dalam bentuk komunikasi antara mahluk dengan sang pencipta Allah Subhanahu Sa ta'ala, dan dikhususkan juga bagi rekan2 yang mualaf.

Tata Cara Shalat Yang Benar Serta Bacaan Lengkap

Sehingga sholat terdeskripsi tidak hanya dengan menbunyikan surah atau pun doa, akan tetapi dengan mengerti, meyakini, berkomunikasi memohon penuh dengan kekhusyukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Syarat Wajib Sholat
  • Muslim (beragama islam) – orang yang hanya berserah diri kepada Allah.
  • Berakal sehat dan sadar.
  • Telah sampai dakwah Islam.
  • Baligh (cukup umur).
Syarat Sah Sholat
  • Aurat tertutup, pastikan jangan sampai ada pakaian yang tersingkap seperti pakaian yang kekecilan sehingga dapat terbuka saat melakukan gerakan sholat.
  • Tubuh, Pakaian dan Tempat Sholat Suci dari hadats serta najis.
  • Bersuci – Wudhu sesuai yang sudah diajarkan Rasulullah Salawah’hualaihi wasalam.
  • Masuk waktu shalat.
  • Menghadap arah kiblat.
13 Rukun Shalat

1. Niat adalah berilmu atau bermaksud melakukan sesuatu sekalipun hanya dalam hati, hal tersebut sudah termasuk niat tanpa harus melafalzkannya.

2. Berdiri bagi yang mampu, dalam arti secara fisik sehat dan kuat, kakinya mampu digunakan untuk berdiri Jika tidak, maka ada urutan dari duduk, tidur miring, telentang, hingga isyarat.

3. Takbir  ( اللهُ أكْبَرُ )

4. Doa Iftitah   

 ")اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ" (

"Allahumma Ba’id Baini Wa Wabaina Khotooyaaya Kamaa Ba’adta Bainal Masyriqi Wal Maghribi, Allahumma Naqqini Minal Khotooya Kamaa Yunaqqo Tsaubal Abyadhu Minad Danasi. Allahummaghsil Khotooyaaya Bil Maai Watstsalji Walbarodi"

Artinya :
"Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin."

5. Membaca al fatihah di setiap raka’at.

6. Ruku’ dengan thuma’ninah.  sebanyak 3 kali     
(سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ)
"Mahasuci Tuhan yang maha Agung serta memujilah Aku kepadaNYA.

7. I’tidal
(ربنا لك اللحمد ملء السموات وملء الأرض وملء ما شئت من شيء بع)
"Ya Allaah Tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang Engkau kehendaki sesudah itu."

8. Sujud (tersungkur ke bumi)
(سبحان ربي الأعلى وبحمده)
"Mahasuci Tuhan yang Maha Tinggi serta memujilah aku kepadanya."

9. Duduk di antara Dua Sujud
(رب اغفررلي  وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واههدني وعافني  واعف عني)
"Ya Allaah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku."

10. Tasyahud Awal
Tasyahud Awal

11. Tasyahud Akhir
Tasyahud Akhir

12. Salam
13. Tertib

Setelah selesai membaca tasyahud akhir, kemudian salam untuk mengakhiri sholat. Salam pertama dengan menengok kearah kanan dan membaca “Assalaamu’alaikum warohmatullaah” (Keselamatan dan Rahmat Allah semoga tetap tercurahkan pada kamu sekalian), kemudian salam kedua menengok kearah kiri dan membaca “Assalaamu’alaikum warohmatullaah”.

0 Response to "Tata Cara Shalat Yang Benar Serta Bacaan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel