-->

Islam Sangat Menghargai Hati

Nawwas bin san'an ra. berkata, Nabi saw bersabda: "kebijakan adalah akhlak terpuji, sedangkan dosa adalah apa yang meresahkan jiwa dan kamu tidak suka bila dilihat orang lain". (h.r Muslim)

Riwayat lain mengatakan, Wabishah bin ma'bad ra. berkata aku mendatangi Rasulullah saw, lalu beliau bertanya,
"kamu datang untuk bertanya tentang kebajikan?" aku menjawab, "ya" lalu beliau Bersabda: "Tanyakan kepada hatimu sendiri!. kebijakan adalah apa yang membuat jiwa dan hatimu tentram, sedangkan dosa adalah apa yang membuat jiwa dan hatimu gelisah, meskipun orang lain berkali-kali membenarkanmu.

Kebenaran Bisa Diketahui Dari Fitrah Manusia


Rasulullah saw. bersabda "Bahwa kebajikan adalah suatu yang mendatangkan ketenangan dalam hati dan jiwa", merupakan bukti bahwa Allah swt telah memberikan fitrah kepada hambanya untuk bisa mengatahui dan menerima kebenaran. Rasulullah bersabda "setiap bayi dilahirkan dalam kemurnian fitrahnya (dalam keadaan suci)

"jika kalian mau, bacalah, "fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada perubahan dalam fitrah Allah ( Ar-ruum:30)

Allah juga memberitahukan bahwa hati seorang mukmin akan merasa tenang dengan berzikir kepada-Nya, karena hati akan lapang dengan cahaya keimanan, maka ketika berhadapan dengan keadaan yang samar (tidak jelas) akan di kembalikan kepada hati. jika hati meresa tenang maka hal itu adalah kebajikan begitu sebaliknya apabila hati resah dan gelisah maka dipastikan bahwa hal itu adalah dosa.

Tanda-Tanda Dosa

Dosa memiliki dua tanda. 
tanda yang sifatnya di dalam: kegundahan di dalam hati atau tidak merasa tenang
Nabi bersabda "dosa adalah apa-apa yang menimbulkan kegundahan dihati".
tanda sifatnya di luar: tidak suka (rasa tidak suka yang diukur oleh ukuran agama) jika dilihat orang lain.
dengan demikian, betul yang dikatakan Ibnu mas'ud bahwa dosa adalah kepedihan hati.

Rasulullah Memiliki Akhlak Paling Mulia

Rasulullah memiliki akhlak mulia karena merupakan implementasi dari syariat dan bebagai adab dalam Al-quran.
karenanya, Allah menguji beliau dalam ayat-Nya "dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi perkerti yang agung"
(Al-qolam:4)

Aisya berkata, "Akhlak Rasulullah adalah Alquran. ini tidak lain karena rasulullah melaksanakan semua adab yang ada didalam Alquran , sehingga implementasi dari semua nilai-nilai yang ada dalam Alquran tersebut telah menyatu dan menjadi kebiasaan serta tabiat.

Kandungan Hadits

  • Hadits ini mendorong kita berusaha memiliki akhlak yang mulia, karena akhlak mulia merupakan bagian yang terbesar dari kebajikan.
  • Islam sangat menghargai hati bahkan menjadikanya tempat merenung sebelum bertindak.
  • Agama memiliki kontrol dari diri dalam manusia, sedangkan hukum wadh'i (buatan manusia) hanya memiliki kotrol luar.
  • Agama mencegah seseorang dari melakukan suatu dosa, karena agama menjadikan jiwa sebagai pengawas bagi setiap manusia.
Berbeda dengan hukum manusia (wadh'i) yang hanya menekan sisi luar, sehingga mudah bagi manusia untuk melakukan tipu muslihat.

0 Response to "Islam Sangat Menghargai Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel