-->

Keindahan Adat Budaya Flores Dimata Dunia

Selain terkenal dengan wisata alamnya flores juga dikenal dengan keindahan adat budayanya yang unik.

Tarian Vera

Foto Tarian Vera

Foto Tarian Vera

Warga kabupaten manggarai timur khususnya warga suku rongga kini berbangga dengan ditetapkannya tarian asal suku Rongga menjadi warisan budaya nasional.

Tarian vera adalah salah satu tarian khas warga masyarakat suku rongga di wilayah selatan kabupaten manggarai timur flores nusa tenggara timur selain itu ada juga tarian caci, tarian ndundu ndake, tarian kerangkuk alu dan berbagai tarian lainnya yang ada di budaya seni orang manggarai raya.

Tarian vera sudah di kenal hingga belgia, salah satu sub klan dari suku tersebut  mengatakan dalam suku rongga ada tujuh suku besar namun, tidak semua sub suku memiliki tarian vera.

Apa uniknya tarian vera yang masih dipertahankan warga suku rongga?
tarian ini sebenarnya hanya dipentaskan pada upacara kematian namun, sejalan dengan perkembangan pariwisata flores tarian ini bebas dipentaskan pada berbagai upacara seperti upacara kemerdekaan republik Indonesia, festival budaya dikabupaten manggarai timur dan flores.

Bagi peminat seni tari di Indonesia dan mancanegara apabila berwisata ke flores jangan hanya mempelajari seni tarian caci mereka juga bisa mempelajari keunikan-keunikan tarian lainnya Salah satunya tarian vera tersebut.

Tarian Caci - Manggarai Raya

Caci atau tari caci adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai.

Tarian ini merupakan tarian khas manggarai raya yang kini terbagi dalam tiga wilayah administratif yakni kabupaten manggarai barat, kabupaten manggarai dan kabupaten manggarai timur.

Bagi masyarakat manggarai caci merupakan 'event besar' tarian ini hanya dimainkan saat syukuran musim panen (hang woja) dan ritual tahun baru, upacara pembukaan lahan atau upacara adat besar lainnya, serta dipentaskan untuk menyambut tamu penting.

Tarian adat ini sudah sangat dikenal terlebih parawisata dari beberapa negara yang sudah mengujungi flores.

Tarian Caci - Manggarai Raya

Tarian Ndundu Ndake

Selain tarian caci dan tarian vera, ada juga tarian yang merupakan salah satu tarian yang cukup terkenal di Manggarai.

Tarian Ndundu Ndake

Ialah tarian ndundu ndake dipentaskan untuk menyambut tamu -tamu terhormat dan juga biasa dipentaskan pada pesta besar. makna dari tarian ini adalah keramahan dan kehangatan dari tuan rumah kepada tamu yang berkunjung.

ndundu ndake

Dari sejarahnya ndundu ndake berarti perempuan yang menari, berlenggak lenggok sehingga pada umumnya peserta tarian ini adalah kaum perempuan tapi pada perkembangannya juga melibatkan kaum pria untuk memodifikasi gerakan.

Tarian ndundu ndake pecahkan rekor dunia tarian ndudu ndake di event tour de flores 2017 berhasil mencatatkan ekor dunia melalui lembaga prestasi indonesia dunia (LEPRID).

Tak tanggung-tanggung, tarian yang dibawakan di pusat kota ruteng dalam acara penyambutan peserta etape kelima tour de Flores 2017 (18/7) ini melibatkan 1.500 orang penari.

0 Response to "Keindahan Adat Budaya Flores Dimata Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel